Tidak Ada Blog Yang Aman

Nugas Gann

Game Online

 Muhammad Faishal Arrafi

54419131

3IA21

 

Definisi Game Online


Game online berasal dari bahasa Inggris yakni ‘online game’. Pengertian dari istilah satu ini adalah sejenis permainan berbasis komputer yang bergantung pada jaringan dari komputer itu sendiri. Mayoritas jaringan yang digunakan adalah jaringan internet.

 

Sejarah Game Online

Perkembangan game online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan komputer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya jaringan komputer yang dahulunya berskala kecil small local network sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1969, komputer hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game.

Lalu muncullah komputer dengan kemampuan time-sharing sehingga pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu ruangan yang sama Multiplayer Games Jessica Mulligan, 1999. Universitas Sumatera Utara Pada tahun 1970 ketika muncul jaringan komputer berbasis paket packet based computer networking, jaringan komputer tidak hanya sebatas LAN Local Area Network saja tetapi sudah mencakup WAN Wide Area Network dan menjadi internet.

Game online pertama kali muncul kebanyakan adalah game- game simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk kepentingan militer yang akhirnya lalu dikomersialkan. Game-game ini kemudian menginspirasi game-game yang lain muncul dan berkembang. Aradhana Gupta, dalam artikelnya telah menyebutkan bahwa pada tahun 1995, NSFNET National Science Foundation Network telah membatalkan peraturan-peraturan yang telah diperkenalkan sebelumnya dalam industri game. Setelah pembatalan ini, ketercapaian para pemain dalam online gaming dan perkembangan online gaming berkembang dengan begitu pesat.

Pada tahun 2010-an, dunia game sudah lebih canggih. Perkembangan game didukung dengan perkembangan teknologi lainnya, seperti sistem yang lebih canggih dan teknologi internet yang semakin luas menjangkau daerah-daerah terpencil. Beberapa tahun setelah itu, para gamers di Indonesia pun mulai beralih ke game-game versi ponsel. Masa puncaknya adalah pada tahun 2018 kemarin.

Tak hanya dimainkan, game digital yang sudah berubah menjadi game online ini memiliki ekosistem yang sangat subur. Ekosistem yang kita sebut dengan eSport sedang berkembang pesat di Indonesia.

 

Jenis Permainan

Ada 7 jenis game online jika dilihat dari sudut pandang jenis permainan. Di antaranya adalah:

·       Massively Multiplayer Online First-person shooter games (MMOFPS)

·       Massively Multiplayer Online Real-time strategy games (MMORTS)

·       Massively Multiplayer Online Role-playing games (MMORPG)

·       Cross-platform online play

·       Massively Multiplayer Online Browser Game

·       Simulation games

·       Massively multiplayer online games (MMOG)

 

Aturan Permainan

Tidak banyak orang tahu, ada aturan standar yang biasa digunakan dalam permainan berbasis online seperti ini. Aturan tersebut dikenal dengan nama EULA atau End User License Agreement (EULA).

Jadi, ada perjanjian awal antara developer game dengan para gamers sebelum game tersebut dimainkan. Apabila aturan tersebut dilanggar, sudah tentu ada banyak sekali resiko yang akan didapatkan oleh para pemain.

Di antaranya adalah suspensi, peringatan berbagai tingkat, blokir, atau pemutusan keanggotaan dan penutupan akun secara permanen. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kecurangan di dalam proses permainan itu sendiri.

 

Dampak Game Online

Di balik keseruannya, tentu ada pula dampak game online lainnya yang mungkin menjadi pertimbangan Moms saat memberikan fasilitas ini. Tidak selalu negatif, ada pula beberapa dampak game online yang positif, seperti:

1.     Berpikir Secara Efektif

Berpikir secara efektif dan mengingkatkan critical thinking adalah salah satu dampak game online yang positif, lho.

Misi dengan tingkat kesulitan berbeda akan membuat otak bekerja secara efektif untuk berusaha melewati rintangan dan menjadi pemenang. Selain itu, misi tersebut juga membuat kinerja otak semakin meningkat.

2.     Berpikir Cepat

Game online biasanya memberikan batasan waktu untuk para pemain dalam menyelesaikan rintangan. Dampak game online ini dapat membantu pembentukan karakter anak yang mampu berpikir cepat dan tepat untuk menyelesaikan masalah.

 

3.     Menambah Aktivitas Otak

Salah satu dampak game online secara positif yang bisa dirasakan yaitu menambah dan mengasah aktivitas otak.Tentu saja, pada setiap permainan dibutuhkan konsentrasi tinggi agar dapat fokus mencapai skor tertinggi.

Selain itu, sambil menyelesaikan misi dibutuhkan strategi tepat sehingga memaksa otak Si Kecil untuk mencari inovasi agar dapat menang melawan musuh.

4.     Pribadi yang Teliti dan Penuh Konsentrasi

Dampak game online selanjutnya dapat melatih anak untuk berkonsentrasi pada suatu hal. Bagian-bagian detail yang sangat kompleks juga membuatnya terbiasa memahami hal-hal secara teliti.

5.     Melatih Rasa Kesportifan Terhadap Lawan

Dampak game online kelima yaitu dapat melatih rasa sportif pada lawan. Hal ini dapat membuat kita lebih siap menerima kekalahan tanpa rasa putus asa ataupun kemenangan dengan rendah hati.

 

Selain manfaat positif untuk perkembangan karakter anak, dampak game online juga bisa negative. Diantaranya sebagai berikut :

1.     Perilaku Agresif

Dampak game online yang menampilkan kekerasan, seperti:

·       Membunuh

·       Menendang

·       Melukai orang lain untuk mencapai kemenangan

Hal ini dapat membuat kita memiliki perilaku yang lebih agresif ketika berhadapan dengan kehidupan nyata. Kekerasan yang dilihatnya setiap hari dianggap menjadi “hal biasa” yang memberikan kepuasan pada dirinya.

2.     Antisosial

Anak yang menghabiskan waktunya untuk bermain game online saja tidak memiliki banyak kesempatan untuk bergaul dengan teman-teman seusianya. Selain itu, anak yang kecanduan bermain game biasanya akan lebih memilih bermain komputer di rumah daripada bermain di luar bersama teman-temannya. Alhasil, dampak game online ini akan membuat kita lebih suka menyendiri dan menjadi individu yang antisosial.

3.     Berbicara Kasar

Kata-kata kasar bisa diperoleh dari para pemain game online lain yang tersebar di dunia maya. Dampak game online yang negatif, kata-kata ini akan mudah masuk ke dalam otak dan ditiru yang menikmati game tersebut.

4.     Depresi dan Selalu Cemas

Melansir Penelitian University of Utah, anak yang kecanduan bermain game online lebih mudah merasa depresi dan cemas dalam kehidupan sehari-hari.

5.     Menurunkan Tingkat Konsentrasi Anak

Melansir Parenting Firs Cry, kecanduan bermain game online bisa membuat anak mengalami gangguan konsentrasi. Ketika anak senang bermain game, akan terjadi perubahan pada struktur dendrit sel-sel di dalam otaknya.

Hal ini mengakibatkan konsentrasi anak menurun, sehingga ia mudah lupa dan gagal fokus. Paparan radiasi dari perangkat elektronik juga bisa melemahkan konsentrasi anak.

Komunitas Pemain

·       Diponegoro Esports Community

·       Komunitas Singosari Malang

·       Dumai Gaming Community

·       Komunitas Gamers Cibarusah

 

Perkembangan Game Online di Indonesia

Game online saat ini tentunya sangat berbeda dengan game online yang dahulu diperkenalkan untuk pertama kalinya. Sebelum booming-nya internet, game online ditemukan pertama kali pada tahun 1960, yang awalnya hanyalah berupa game-game simulasi perang. Di Indonesia, game online pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 2001, dimulai denga masuknya Nexia Online.

Perkembangan game online ini kemudian terus mengalami kemajuan yang sangat pesat seiring dengan bertambahnnya jumlah penggunaan ponsel pintar atau smartphone. Dimana diperkirakan pengguna smartphone di Tanah Air telah mencapai 177 juta orang, sementara untuk pengguna mobile gamer mencapai hingga 6,5 juta orang.

Perkembangan game online selanjutnya diperkenalkan dalam skala network kecil, yaitu LAN (Local Area Network). Permainan ini kemudian dikenal dengan game-game multiplayer karena booming-nya warnet, seperti Starcraft, Word of Wacraft, dan Age of Empires, yang rata-rata bertipe RTS (Real Time Strategy).

Kini, game online yang beredar di Indonesia pun sudah cukup beragam. Mulai dari yang ber-genre action, sport, maupun RPG (Role Playing Game), semuanya ada di pasaran. Tercatat, lebih dari 20 judul game online telah beredar di Indonesia.

 

Sumber :

https://www.jakartastudio.com/pengertian-game-online/

https://www.mpl.id/blog/sejarah-singkat-perkembangan-game-online/

https://text-id.123dok.com/document/lzg12enzo-definisi-sejarah-dan-perkembangan-game-online.html

 

0 Comment for "Game Online"

Back To Top